Marhaban bikum...

06 September 2016

Apa Itu Bitcoin?


Perkembangan internet saat ini sudah semakin pesat. Berbagai kegiatan bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet seperti transaksi jual beli.

Proses transaksi jual beli saat ini semakin variatif dengan menggunakan mata uang virtual. Adanya mata uang virtual memudahkan proses transaksi Anda. Ada jenis mata uang virtual baru bernama Bitcoin yang bisa digunakan untuk membayar proses transaksi. Apakah Anda sudah mengetahui apa itu Bitcoin? Apa fungsinya?

Apa Itu Bitcoin?


Bitcoin merupakan mata uang digital dan virtual yang bisa dipergunakan untuk melakukan transaksi secara online. Jika Anda bertanya tentang bentuk mata uang ini, jangan harap bentuknya sama dengan mata uang fisik yang dikeluarkan oleh bank. Bentuk mata uang ini tak ada yang seperti koin ataupun kertas. Bentuk mata uang ini berbentuk unik menyerupai file biasa.

File mata uang ini adalah enskripsi dari kode-kode yang unik dan berbeda antara satu file dan yang lainnya. Uniknya mata uang ini layaknya file video ataupun lagu yang bisa disimpan di dalam software ataupun flash disk. Tujuan diciptakannya Bitcoin adalah untuk memudahkan transaksi dan pembayaran melalui internet.

Nilai dari mata uang ini layaknya mata uang pada umumnya yaitu seperti fungsi mata uang Rupiah ataupun Dollar yang dipergunakan untuk melakukan pembayaran. Tetapi, pembayarannya hasil bisa dilakukan secara digital. Ada fitur menarik yang ditawarkan oleh Bitcoin ini. Anda bisa mentransfer secara instan dari orang ke orang. Mata uang ini juga bisa digunakan untuk mentransfer ke rekening manapun dengan biaya transfer terjangkau.

Sifat dari bitcoin ini adalah irreversible yaitu tak bisa dibatalkan untuk sekali transfer. Uang virtual ini tak dikendalikan oleh lembaga atau institusi pemerintah sehingga jumlahnya sangat terbatas. Anda bisa menggunakan uang virtual ini asalkan terkoneksi secara langsung dengan menggunakan internet. Bitcoin akan tersimpan secara langsung di dalam Bitcoin Wallet yang harus terinstal sempurna antara dua belah pihak.

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin


Setiap mata uang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal ini termasuk dengan uang virtual Bitcoin. Mata uang ini merupakan alat pembayaran sah yang sangat mudah dan sederhana. Bitcoin bisa dipergunakan untuk melakukan transaksi secara online di dunia digital. Kelebihan inilah yang membuat siapapun akan mudah untuk memanfaatkan uang virtual ini. Selain itu, Bitcoin bisa dipergunakan sebagai alat transaksi dan pembayaran per orang.

Yang lebih mengesankan hanya orang yang memegang uang virtual ini yang bisa mempergunakannya. Dalam mempergunakan uang virtual ini, Anda tak perlu menambahkan informasi pribadi seperti transaksi dengan menggunakan uang nyata. Tentu saja hal ini membuat data diri dan informasi pribadi Anda jauh lebih aman.

Kerugian dari Bitcoin adalah dari sisi bentuknya. Karena bentuk uang virtual ini hanya berupa file, hal ini memungkinkan terhapus, rusak, ataupun hilang sehingga pastinya akan merugikan Anda untuk menggunakannya. Terlebih lagi bila perangkat penyimpanan Bitcoin mengalami masalah, pasti akan berdampak terhadap uang virtual itu sendiri.

Uang virtual ini hadir saat ini dikarenakan kepercayaan dan keinginan dari orang. Maka nilai dari uang itu tergantung dengan siapa yang mempergunakannya. Semakin banyak yang menggunakannya, maka nilainya semakin stabil. Tetapi, bila tak ada yang mau menggunakannya, maka uang ini tak ada nilainya.

Ekspansi dari Bitcoin di dalam Dunia Digital


Uang virtual memang tak bisa memiliki nilai stabil layaknya uang dari bank. Adanya uang virtual dikarenakan permintaan pasar dan masyarakat. Bila Anda yang mempercayainya, maka mata uang ini memiliki nilai. Hal ini terjadi pada Bitcoin yang adanya banyak orang yang mempercayai kegunaan dan fungsi dari Bitcoin ini. Penyebaran dan ekspansi dari uang virtual ini sudah luas yang menjangkau hampir seluruh wilayah di dunia.

Walaupun sudah mampu menjangkau banyak negara, tetapi ada beberapa yang secara terang-terangan menolak penggunaan Bitcoin. Ada dua negara yang menolaknya yaitu Singapura dan China. Bitcoin ini dianggap sebagai alat pembayaran yang kurang sah karena tingkat keamanannya cukup meragukan. Tetapi, di berbagai negara lainnya, Bitcoin ini mendapatkan kepercayaan yang lebih. Itulah tadi beberapa hal mengenai hal dan berita Bitcoin sebagai mata uang virtual baru yang terpercaya.

Kenapa Bitcoin?

Mungkin sudah banyak yang mendengar atau bahkan menggunakan mata uang digital bitcoin sebagai transaksi bahkan saya sendiripun sudah sudah pernah melakukan investasi bitcoin di website mining.

Namun dengan nilai bitcoin sendiri sangat fluktuatif alias tidak stabil, tidak salah kebanyakan orang bilang “mata uang digital yang susah di prediksi” karena ketidak stabilan mata uang digital ini banyak orang yang mungkin untung atau pun rugi jika membeli bitcoin dan menyimpannya.

Seperti yang saya liat dari awal bitcoin mulai dari harga 9 agustus, 2010 dengan harga $0.07 per 1 bitcoin (BTC) sampai 8 juni 2011 harga tertinggi mencapai $29.60 dan mulai turun drastis kembali pada tanggal 14, november 2011 dengan harga $2.22. Dari bulan november tahun 2011 itu hingga awal tahun 2013 harga tidak terlalu “fantastis” dimulai dari awal tahun 2013, pada bulan januari ini tepat tanggal 1, januari, 2013 dengan harga $13.30 bisa dianggap harga terendah yang tidak akan tersentuh lagi.

Disinilah titik nilai bitcoin mulai naik drastis dengan harga "fantastis" sampai 4 desember, 2013 mencapai $1.147,25 perbitcoin! Data diatas adalah data valid yang saya rangkum dari coindesk.Inilah tahun dimana sebagian orang yang memiliki bitcoin di awal tahun 2013 dapat menjadi jutawan hingga akhir tahun 2013.

Hingga saat ini saat artikel di tulis harga bitcoin $573.29 (harga coindesk) dan memang lonjakan dari tahun 2014 hingga tahun 2016 (saat ini) bitcoin terus menampakan harga yang belum stabil. Bisa di bilang tidak akan pernah stabil. Bitcoin pertama kali mulai bisa di “trading” pada tanggal 17 October, 2010 oleh #bitcoin-otc.

Pertanyaan baru muncul, di indonesia sendiri kapan hadirnya bitcoin dan siapa yang memperkenalkan bitcoin di masyarakat indonesia sendiri? Pasti sudah pernah dengar bitcoin.co.id? saya anggap website yang didirikan pada Desember 2013 adalah sebagai market leader bitcoin di indonesia.
Mungkin ada sebagian kelompok yang sudah mulai memperkenal bitcoin sebelum bitcoin.co.id di indonesia ini, namum yang legal secara hukum adalah bitcoin.co.id dimana member terus bertambah dan berkembang.

Lalu, kenapa bitcoin? Bitcoin sendiri adalah sejenis mata uang digital yang telah banyak digunakan di dunia maya. Transaksi yang mudah dan cepat tanpa ada pihak ketiga, sebagai contoh budi akan mengirim rupiahnya ke ibu budi melalui bank BCA (pihak ke 3).

Maka dari itu transaksi bitcoin ini pun sulit terlacak, karena hanyalah barisan kode saja yang muncul, orang awam mungkin sulit mengerti maksud kode tersebut. Kenapa bitcoin jadi pilihan? Saat ini bitcoin lah jenis mata uang digital yang paling banyak di gunakan untuk bertransaksi. Dimana masih banyak lagi jenis Cryptocurrency di dunia maya.

10 Ranking global selama 1 bulan Cryptocurrency yang telah saya dapat dari coinmarketcap :
  • Bitcoin 
  • Ethereum 
  • Ethereum Classic 
  • Monero 
  • Litecoin 
  • Factom 
  • Dash 
  • Tether 
  • Ripple 
  • MaidSafeCoin 
Bitcoinlah yang selalu diposisi no 1 dan diikuti Cryptocurrency lainnya, Bitcoin sendiri bisa kita sebut sebuah mata uang digital yang menjadi pelopor Cryptocurrency lainnya di dunia.
Mula-mula bitcoin, didirikannya bitcoin.org pada tahun 18 August 2008 hingga saat ini tetap menapaki peringkat 1 sebagai Cryptocurrency paling banyak digunakan. namun saya sarankan tetap berhati-hati jika ingin memperdagangkan bitcoin atau Cryptocurrency lainnya, yang secara keseluruhan mata uang digital tersebut tidaklah stabil, mungkin sebagai alternatif bisa gunakan jenis mata uang digital paypal yang sangat stabil hingga saat ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...